Pada hari Senin (18/5/2022). Tim Digital Leadership Academy (DLA) melakukan pertemuan membahas struktur dan komponen pembelajaran dalam LMS bersama APDI. Acara ini dilaksanakan di Hotel Avanzel, Cibubur, Jatisampurna, Kota Bekasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan materi pembelajaran dan pengimpletasian materi pembelajaran saat pelatihan DLA berlangsung.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Hary Budiarto, Kepala Badan Litbang SDM, Baso Saleh, Plt. Kapusdiklat, Sadjan, Ketua Tim Pelaksana DLA, Prof. Dr. Ignasius D.A. Sutapa, M. Sc., Ketua Umum Anggota Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI) dan dua orang perwakilan dari APDI.

Banyak yang dibicarakan dalam pertemuan ini, seperti paparan dari Ignasius. Ia menegaskan bahwa DLA harus bisa  membuat kurikulum bersama mitra agar mendapatkan formula yang cocok dengan Indonesia, dikarenakan adanya kesenjangan yang terjadi di Indonesia, sehingga diperlukan penyesuaian materi dengan keadaan daerah masing-masing.

Selain itu, Basuki memberi paparanya mengenai para Camat. Menurutnya, Camat berada di posisi yang strategis, namun bukan pada level leadership. Di sisi lain, camat dekat dengan masyarakat dan menjadi representasi pemerintah di level bawah. Selain itu, kita harus memperhatikan Human Development Index, agar dapat mendesain program yang unggulan untuk memajukan bangsa dengan melihat peluang.

Lalu Hary Budiarto, selaku Kepala Badan Litbang SDM, juga turut memberikan paparanya. Beliau menyarankan, diperlukanya analisis terkait pembuatan kurikulum dengan memperhatikan regulasi di Kemendagri dan Menpan RB, agar regulasi tidak saling bertabrakan. Lalu, tidak menyamakan modul untuk semua peserta, harus dibedakan antar pulau, perbedaan kondisi geografis, dan lainya. (MM-Red)